Komunikasi Yang Memotivasi : Keputusan Tanpa Penyesalan

Standard

Pernah galau?
Pernah bimbang?
Pernah kebingungan menentukan?

Kondisi itu umumnya terjadi karena terlalu lama mempertimbangkan tanpa kesegeraan untuk mengambil keputusan. Jangan tunda dan jangan berlama-lama, karena pada hakikatnya, hidup adalah menemui pilihan, memutuskan, dan memunculkan pilihan-pilihan berikutnya. Terlalu lama berarti membuang waktu, dan bisa jadi melewatkan kesempatan-kesempatan yang berseliweran, dibiarkan berlalu begitu saja.

Jangan bingung saat menemui pilihan, tips paling mudah adalah sempitkan pilihan menjadi dua, dan ambil keputusan dengan segera. Jangan lupa, apapun keputusan yang diambil, terima hasilnya, jangan pernah tangisi dan sesali. Keputusan tanpa penyesalan ini adalah fondasi untuk senantiasa memiliki energi maju, bergerak, optimis dan antusias menatap dan menjemput masa depan. Jangan mau menjadi narapindana yang dikurung oleh masa lalu yang telah tertinggal jauh di belakang. Putuskan dan jangan pernah sesali, adalah rumus fight tanpa kenal menyerah dan membebaskan diri kita dari sifat cengeng yang mengungkit-ungkit masa lalu dan menyesali yang sudah terjadi. Berharap keadaannya tidak begitu, meski fakta dan buktinya adalah begitulah keadaannya. Jangan ditinggal lari, hadapi dengan gagah berani, seorang yang hebat bukanlah yang mampu berhasil dalam setiap upayanya, tapi orang hebat adalah yang mengambil tanggung jawab dari setiap keputusan yang diambilnya.

Putuskan segera, agar juga mengetahui hasil dan dampak dengan segera. Saat pintu tertutup, jangan membuang energi dengan mengumpat dan menendangi pintunya, jangan-jangan Tuhan begitu menyayangi kita, dengan menutup pintu tersebut untuk menuntun kita menemukan pintu yang lebih luas, lebih lega, lebih mudah dibuka, dan apa yang ada di balik pintu yang lain itu lebih memberikan kemanfaatan pada kita. Janji Tuhan pun tidak pernah meleset, bahwa di balik kesulitan pasti ada kemudahan, yakini dan hayati, maka setiap keputusan bukanlah sebuah penyesalan, pada hakikatnya setiap keputusan adalah tantangan dan keindahan, lagipula, itulah yang membuat hidup lebih menarik, bahwa tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi besok. Manusia berencana, Tuhan menentukan, manusia menganalisis dan memprediksi, Tuhan memberikan realitas dan fakta yang disuguhkan di depan mata kita.

Maka yakinlah dalam mengambil keputusan, total ambil tanggung-jawabnya, dan selalu tingkatkan semangat – optimisme, jangan ada penyesalan, kegagalan itu tidak ada, yang ada sebenarnya adalah feedback atas keputusan kita, dan tidak ada sikap yang lebih baik terhadap feedback, selain mengambil hikmah, dan menjadikannya landasan untuk berbuat lebih baik di kesempatan berikutnya.

Ditulis di Sumenep
Kota Sumekar

——————–
Faizal Alfa MBA
Motivator Komunikasi
Tinggal di Kota Malang
@FaizalMotivator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s