Komunikasi Yang Memotivasi : Hentikan Kegalauan, Tentukan Pilihan

Standard

Disadari atau tidak, ternyata dalam kehidupan, kita sedang bergerak, dari satu pilihan ke pilihan yang lain. Setiap pilihan memberikan sebuah langkah maju dan memberikan pilihan baru yang sama menantangnya, perlu kecermatan, ketelitian, dan keputusan yang konkret.

Ini yang menjadi landasan, artinya memilih bukanlah sebuah hal yang langka, kita lakukan setiap saat dan setiap waktu, namun ternyata, kita masih sering galau dan bingung dalam memilih dan menentukan keputusan.

Apa yang jadi faktor yang menimbulkan kebingungan? Umumnya bingung itu karena dua faktor penyebab, yakni karena tidak ada pilihan, atau karena terlalu banyak pilihan, Anda le bih sering mengalami kondisi yang mana?

Pendapat saya, kalau kita tidak punya pilihan, maka satu-satunya jalan adalah diam, lha bagaimana, tidak ada yang dipilih. Yang perlu sebuah penyikapan cermat adalah ketika terlalu banyak pilihan, ini bisa jadi karena pemikiran kita yang meluas kemana-mana, masukan dari terlalu banyak pihak, atau kita tidak tegas dan segera mengambil keputusan, jadi penundaan yang kita lakukan memberi ruang untuk opsi-opsi baru yang bukannya menenangkan, tapi justru malah menambah dosis kebingungan.

Solusinya bagaimana? Ternyata mudah dan sederhana, karena solusi untuk pilihan yang terlalu banyak, adalah kurang jumlah pilihannya, gampang kan? Coret dan hilangkan pilihan yang terlalu banyak, mulai dari pilihan yang tidak masuk akal, atau pilihan yang asal. Kerucutkan menjadi dua, sehingga kita bisa secara matang mempertimbangkan dan secara objektif pilihan mana yang lebih memberikan manfaat dari pilihan lainnya. Pengalaman saya, hal ini efektif dan efisien sekali dalam sebuah proses pengambilan keputusan, sehingga galau hilang, pilihan pun bisa ditentukan.

Penerapannya dalam hal apa? Luas sekali, hampir semua pilihan, mulai pilihan sekolah, kuliah, pekerjaan, kegiatan, bahkan memilih pasangan hidup. Semoga menjadi sebuah cara yang mudah, aplikatif, dan memberikan sebuah kemanfaatan.

Salam SurpluS
———————-

Ditulis di Jogjakarta
Jelang Petang

Faizal SurpluS MBA
Motivator
Tinggal di Kota Malang
@FaizalSurpluS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s