Komunikasi Yang Memotivasi : Ayo Main Ular Tangga

Standard

Lembar permainan ular tangga sudah digelar, pion permainan sudah melakukan stretching dan berjajar rapi di titik awal permainan, pemain sudah siap, dan dadu siap dilempar. Setiap lemparan dadu menentukan langkah sang pion permainan. Para pemain riuh bersuara, pusaran dadu dan ketukan langkah pion sesekali dikagetkan suara membuncah saat pion berhenti di tangga naik, atau suara kecewa saat pion harus turun karena berhenti di kotak bergambar ular. Itulah kemeriahan permainan ular tangga, sebuah permainan yang melegenda, dan mengisi waktu kanak-kanak kita.

Waktu berlalu, ternyata hikmah mendalam dari ular tangga tidak berlalu begitu saja, karena ternyata untuk sebuah analogi, ular tangga adalah metafor yang menarik untuk mengilustrasikan kehidupan. Ada tujuan, ada naik, ada turun, semua terjadi dengan dinamis, tak terduga, dan penuh dengan rahasia. Setiap lemparan dadu menentukan seberapa jauh dan apa dampak dari langkah berikutnya, itu pun harus dilakukan sesuai giliran, tidak bisa serampangan apalagi melanggar aturan permainan.

Aaah…., alangkah ringannya bermain ular tangga, dan alangkah menantangnya kalau mengkomparasi dengan kehidupan. Ular tangga bisa kita akhiri tanpa dampak berarti, sedangkan kehidupan harus kita jalani dan tuntaskan tanpa perkecualian. Tapi bicara mengenai sisi menariknya, tidak ada yang mengalahkan momen saat kita terlibat dan menjadi tokoh dalam permainan kehidupan. Kita berada di dalamnya, mengalami kejadiannya, berhadapan langsung dengan resikonya, dan benar-benar meraih dan menikmati hadiah saat berhasil menjadi juara.

Setiap penentuan pilihan adalah lemparan dadu, saat bertindak adalah saat pion bergerak melangkah, kotak demi kotak. Tinggal dilihat hasilnya, berjalan dengan normal, melesat karena mendapat titik yang membawa tangga naik, atau malah tersungkur karena mendapat titik bergambar ular. Tidak ada yang aneh dari itu semua. Jalani dengan tetap ceria dan nikmati permainannya, bukankah setiap hal diciptakan berpasangan di dunia ini : laki-laki perempuan, siang malam, tinggi rendah, panas dingin, dan begitu pula naik maupun turun.

Saat naik jangan terlena, saat turun jangan sengsara, sikapi semua dengan proporsional dan professional. Kalau jadi juara ya rayakan semestinya, kala u jadi terpidana ya hayati hikmah dan introspeksi agar kembali bangkit dengan segera. Yang jelas, keyakinan jangan pernah goyah, semangat jangan pernah melemah, dan jangan pernah ragu dalam melanjutkan langkah.

Ayo main ular tangga!

Salam SurpluS!
———————–

Faizal SurpluS MBA
Motivator Berwajah Arab
Tinggal di Kota Malang
@FaizalSurpluS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s