Komunikasi Yang Memotivasi : Kejutan Hidup

Standard

Kenapa hidup itu menarik?
Karena hidup penuh dengan kejutan!
Tapi, penuh kejutan artinya penuh ketidakpastian dong?
——————————–
Bayangkan kita menaiki kendaraan umum kereta api, yang berjalan perlahan dalam kegelapan malam, tentunya saat melihat keluar yang kita dapat amati mungkin hanya kawasan persawahan yang gelap dan beberapa kilasan lampu saat kita melintasi kawasan perumahan penduduk. Dengan pilihan tampilan itu, tentu sebagian besar dari kita akan mudah bosan, karena yang bisa dilihat adalah sesuatu yang monoton, bahkan bisa ditebak apa yang akan muncul berikutnya, gelap dan gelap lagi. Bosaan, tidur aja aaaah…..

Menariknya, hidup tidak berjalan seperti kereta malam yang menembus pekat suasana perjalanan. Hidup lebih seperti suasana menaiki roller-coaster. Ada alur naik, turun, belokan tajam, putaran, manuver penuh kejutan, bahkan sensasi melewati lintasan air ataupun rimbunnya tanaman. Dalam kondisi tersebut, sempatkah kita bosan? Mengantuk? Amat tidak mungkin, karena sepanjang perjalanan adrenalin disemburkan ke seluruh otot kita, kita terjaga, waspada, antusias, jangankan mengantuk, berkedip pun mungkin kita lupa!

Itulah hidup, penuh warna, dinamika, dan senantiasa tidak terduga.
Berupaya belum tentu berhasil, berangkat belum tentu sampai,
Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi berikutnya. Energi ini yang sebenarnya adalah sebuah bekal berharga yang membuat kita perlu selalu ‘bersiap’ dan ‘meningkat’, agar selalu dalam fase ‘berubah’ dari apapun kondisi sekarang, menjadi kondisi yang lebih baik di masa yang akan datang. Yang sedih jangan keburu ngenes, karena perubahan dan peningkatan bisa terjadi dalam babak berikutnya. Yang enak jangan terlena, berjuang, pertahankan, naikkan agar mendapat kemuliaan yang lebih baik setiap harinya.

Jangan ribut dan risau masalah hasil, karena hasil bukanlah ranah kita selaku manusia. Menjadi lebih produktif ketika kita bicara mengenai upaya. Sudah layakkah? Sudah pantaskah? Sudah sekuat tenaga-kah? Sudah bersungguh-sungguhkah? Sudah benarkah caranya? Sudahkah semua hal yang mungkin dilakukan terlaksana? Sudah dilakukan semuanya, tanpa terkecuali! Namun belum hasil juga, jangan kecil hati, karena Tuhan tidak akan memberikan keburukan pada hamba-Nya, Tuhan pasti berikan yang terbaik, meski dalam prakteknya, yang terbaik menurut Tuhan, belum tentu menyenangkan bagi kita. Cara pengelolaannya mudah sekali, jangan beri ruang penyesalan yang berlebihan dalam menyikapi sesuatu, maka saat menemui apapun, kita tidak terombang-ambing dalam bersikap, namun unggul dalam ketenangan dan ketepatan bersikap secara proporsional.

Hidup memang penuh dengan kejutan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi berikutnya, memahami konsepsi dasar ini, membuat kita berpikir bijak dan bertindak, melakukan yang terbaik, terbaik, dan terbaik, karena setiap gerak kebaikan yang kita lakukan pada hakikatnya memuat sebuah nilai ibadah. Perkara hasil dari kegiatan itu adalah dampak atau bonus belaka, dan tidak mengurangi sebiji atom-pun nilai pahala dari setiap upaya dan tindakan kita.

Salam SurpluS!

Faizal SurpluS MBA
Motivator Berwajah Arab
@FaizalSurpluS
Tinggal di Kota Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s