Komunikasi Yang Memotivasi : Bahan Baku dan Bentuk Jadi

Standard

“Saya itu orangnya pemalu.”
“Saya ya begini orangnya, sejak lahir memang bawaannya ndak sabaran.”
“Karakter saya memang mudah akrab bergaul dengan orang baru.”

Sering dengar? Mungkin malah sering mengucapkan statemen sejenis. Sifat yang melekat pada diri seseorang memang unik dan berbeda satu sama lainnya, bagaimana tidak, inilah salah satu bukti kekuasaan Tuhan, milyar-an manusia di bumi, tidak ada satupun yang sidik jari-nya sama persisn sehingga anak kembar yang dilahirkan dalam waktu yang hampir bersamaan pun pasti memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

Ada yang menyebutnya tipikal, karakter, sifat, watak, beda-beda namun esensinya sama. Istilah yang benar apa, saya juga kurang tahu dan tidak berani menentukan, karena saya juga bukan pakar psikologi, namun yang lebih penting, kita semua sepakat bahwa begitu lahir, kita dianugerahi dan diberi sifat-sifat yang melekat pada diri kita, yang pastinya ada persamaan dan perbedaan antara satu orang dengan orang yang lain. Silakan diingat-ingat, sifat apa yang menonjol pada diri kita masing-masing, ada beragam sifat yang terlintas, lengkap dengan berbagai variasi dan kombinasinya bukan? Nah, pertanyaan yang menggelitik sebagian besar dari kita adalah, dapatkah sifat ini berubah? Atau justru memang sifat-sifat ini taken for granted? Dapatnya begitu, hiduplah dengan itu, dan selamanya melekat pada diri kita. Menarik untuk dibahas lebih lanjut, mari mengenal diri kita dengan lebih baik.

Pengalaman saya, pertanyaan bisa – tidak bisa berubah ini dapat dijawab dengan tuntas melalui analogi yang ringan dan menarik, saya pun akui, analogi ini muncul seperti sebuah pencerahan bagi saya pribadi, dalam sebuah sesi training public speaking yang saat itu saya diberi kesempatan mengisi topik mengenai kepercayaan diri. Apabila dibuat perumpamaan, sifat yang ada pada diri kita, itu adalah sebuah bahan baku, seperti tanah liat, kayu, batu, lilin, dan berbagai bahan baku lain yang dapat kita bayangkan. Pertanyaan dalam titik ini adalah, dapatkah masing-masing bahan baku tadi diubah? Maka jawabannya tegas dan lugas, tidak dapat! Karena masing-masing bahan baku memiliki sifat dan karakteristik masing-masing, unsur penyusunnya pasti berbeda, spesifikasinya juga pasti berbeda. Jadi kesimpulannya, sifat kita tetap dan tidak bakal berubah? Jangan risau dulu, karena ini ceritanya, kita mau membuat objek 3 dimensi yang sering kita sebut sebagai patung, supaya keren, kita umpamakan saja kita mau membuat patung kuda pacu yang kekar. Pertanyaan pada titik ini, dapatkan bahan baku tanah liat, kayu, batu, lilin tadi dibentuk menjadi patung kuda pacu yang kekar? Tanpa perlu berpikir rumit, kita pasti menjawab : dapat!

Sama – sama jadi patung kuda pacu yang kekar, apa yang jadi pembeda? Tentu adalah cara membentuknya. Tanah liat dibentuk, dengan proses pembuatan gerabah. Kayu dan batu, prosesnya dipahat, tentu dengan alat yang berbeda, dengan teknik pemahatan yang berbeda. Lilin lain lagi, bahannya harus dipanaskan sampai mencair, lalu dimasukkan dalam cetakan, namun hasil akhirnya sama : patung kuda pacu yang kekar. Perbedaan lanjutan adalah proses menjaga bentuknya. Tanah liat relatif mudah dibentuk, beda dengan batu, namun batu tentu lebih tahan dalam hal kekuatan, kayu lebih luwes dari batu, namun lebih kuat dari lilin yang perlu penanganan ekstra agar tidak meleleh karena suhu.

Dari sini kita bisa mengambil intisari penting, bahwa sifat kita adalah bahan baku yang sudah melekat, jangan ditolak maupun disesali, namun kita perlu banyak energi dan sumberdaya untuk merancang, patung seperti apa yang mau kita buat dari bahan baku yang tersedia, karena proses dan caranya berbeda, mau bikin patung kuda pacu yang kekar, atau sekedar mau membuat patung keledai yang kurus dan kurang sehat, kita yang tentukan.
Jangan habiskan energi membahas bahan baku yang sudah tertentu, namun fokuskan pada bentuk jadi yang mau diraih.

Salam SurpluS!
———————–

Faizal SurpluS MBA
Motivator Berwajah Arab
@FaizalSurpluS
Tinggal di Kota Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s